Koreksi LJ dengan aplikasi android (TLB 3)

Sebagai tintak lanjut kegiatan pelatihan blended learning (TLB), untuk ketiga kalinya kami menyampaikan materi terkait penilaian, yaitu cara mengoreksi Lembar Jawaban (LJ) menggunakan Ponsel melalui aplikasi ZipGrade. Berdasarkan informasi dari situs ZipGrade versi berbayarnya berlangganan per tahun sekitar 7 dolar.

Kenapa aplikasi ini yang direkomendasikan, apa tidak ada aplikasi lainnya? Bisa kita temukan informasinya di link tutorial berikut.

Berikut ini link tutorial tertulis dari salah satu sumber:
Penggunaan Aplikasi ZipGrade

LJ yang dibuat satu akun ZipGrade tidak bisa digunakan atau dikoreksi oleh akun atau guru yang berbeda akunnya. Jadi misalkan satu LJ mata pelajaran dicetak untuk banyak siswa maka desain LJ harus dibagikan ke akun/guru lain yang menggunakan LJ dengan kode yang sama. Contoh: Kelas 4 ada dua paralel A dan B, soal dan LJ ulangan sama, tapi yang mengoreksi beda, maka desain LJ harus dibagikan ke guru kelas 4A dan 4B agar bisa mengoreksi melalui ZipGrade dengan akun masing-masing.
Berikut cara sharing LJ ZipGrade:
Cara Sharing LJ ZipGrade

Karena satu bulan satu akun maksimal 100 lembar LJ untuk koreksi, maka untuk solusinya jika tidak ingin berlangganan ya daftarkan beberapa akun di ZipGrade. Contoh:
Jumlah siswa 25, berarti satu bulan hanya 4 ulangan 1 Mapel atau 4 Mapel 1 kali ulangan. Jika mapel kita 5, untuk 1 kali ulangan diperlukan 125 lembar, perlu 2 akun. Jika 2 kali ulangan misalnya PAS dan PTS, tetap 2 akun karena beda bulan. Jadi sesuai kebutuhan.

Yang perlu dipertimbangkan adalah, satu kelas jangan menggunakan kode LJ yang berbeda. Misalkan ada 35 siswa x 3 LJ = 105. Maka 2 LJ di akun A dan 1 LJ di akun B. Jangan 100 akun langsung di akun A lalu 5 siswa LJ nya di akun B.

Bagi yang belum mempraktikkan akan agak kesulitan memahami penjelasan saya di atas.

Untuk PPT tutorial ZipGrade bisa diunduh di link berikut.

Selain digunakan koreksi, ZipGrade juga menyediakan fasilitas pengerjaan ulangan/ujian secara online. Tentu karena fokusnya di koreksi LJ Paper, di versi online ini berbeda dengan yang lain, misalnya google form. Versi online pengerjaan ZipGrade terpisah antara Lembar Jawaban Pilihan Ganda dan Soalnya, meskipun bisa ditampilkan secara berdampingan. Jadi ada dua opsi:
1. Lembar soal di-pdf kan lalu diunggah ke ZipGrade portal soal bisa dibuka dan ditutup (Disable Open Remove Quiz)
2. Lembar soal dicetak ke kertas.
Pengerjaan juga ada dua opsi:
1. Dikerjakan di LJ kertas versi ZipGrade dengan pensil atau pena, silang/arsir (lebih aman arsir)
2. Dikerjakan online di server ZipGrade

Contoh tampilan menu login siswa dan soal:

Contoh hasil unduhan PDF Scanning dan skor penilaian

By KKM-KKG MI Kecamatan Badas Kediri Jawa Timur Dikirimkan di Sekilas Info

Tinggalkan komentar